Selasa, 10 Februari 2009

1.141 Personil Polda Ikuti Pelatihan Hadapi Pemilu

PALANGKA RAYA, PPOST Sebanyak 1.141 personil Polda Kalteng dari berbagai jajaran melaksanakan pendidikan pra latihan operasi Mantap Brata 2009 untuk menghadapi Pemilu pada Bulan April 2009 mendatang.
Hal tersebut dikatakan Kapolda Kalteng Brigjen Pol Drs Syamsuridzal usai melaksanakan apel pembukaan pra latihan yang digelar di halaman Mapolda Kalteng, Senin (9/2) pagi.
Kapolda menegaskan, dengan adanya kesiapan yang dilaksanakan oleh para personil Polri Polda Kalteng tentunya dapat mempermudah melakukan berbagai koordinasi. Sehingga dalam pelaksananya nanti dapat berjalan dengan aman, tertib serta sesuai keinginan berjalan dengan kondusif.
“Polri Polda Kalteng selama 4 hari ini akan melaksanakan pelatihan untuk menghadapi Pemilu nantinya. Sementara kegiatan yang dibuka langsung oleh Kapolri secara serentak termasuk di Polda Kalteng sudah dilaksanakan. Pra Latihan hari ini, Polda Kalteng mengadakan pelatihan merupakan kesiapan polri sendiri untuk menghadapi hal hal yang tidak diinginkan di tengah tengah masyarakat,” jelasnya.
Dikatakan Jendral lulusan AKPOL 1976 tersebut, pihaknya menghimbau kepada warga masyarakat Kalteng untuk bersama-sama mensukseskan pesta demokrasi yang dilaksanakan, khususnya di Kalteng untuk berbaur bahu-membahu saling membantu menjaga keamanan agar sukses.
”Mari kita sama-sama mensukseskan Pemilu ini, termasuk juga para warga masyarakatnya agar wilayah kita aman dan kondusif,” imbaunya yang kemudian melanjutkan rapat persiapan bersama para pejabat utama di lantai II Mapolda.
Informasi yang berhasil dirangkum PPOST, jajaran kepolisian nantinya akan melakukan berbagai pengamanan di tengah-tengah masyarakat, termasuk juga tempat-tempat khusus seperti pengamanan kelas VIP, jalan raya, TPS serta tempat-tempat keramaian kelompok masyarakat. Dengan demikian sebelum melaksanakan kesiapan tersebut aparat Kepolisian Polda Kalteng akan diberikan bekal pelatihan.
Dalam pelatihan tersebut dilakukan secara terpisah, di Aula Kerucut Mapolda bagian Operasi, Samapta serta satuan Brimob. Sedangkan di bagian Aula Bhayangkari dilaksanakan oleh bagian Intelkam dan Reserse, kemudian di Aula SPN Tjilik Riwut bagian satuan Samapta dan fungsi lainnya.
Kapolri dalam sambutan yang dibacakan Kapolda Kalteng Brigjen Pol Drs. Syamsuridzal mengatakan, pelatihan pra operasi Mantap Brata 2008 dalam rangka pengamanan Pemilu 2009 merupakan momen penting dan strategis untuk mengetahui kesiapan operasional anggota Polri dalam rangka mengemban tugas yang mulia ini.
“Melalui Pelatihan ini Saya berharap terwujud kesiapsiagaan Polri dalam rangka memelihara kamtibmas, memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif. Selain ini pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja Polri yang mampu menampilkan kesiapan persinil yang didukung peralatan yang memadai serta cara bertindak yang cermat,” tegas Kapolri.
Dikatakan, menghadapi pemilu dengan suhu politik yang panas serta pasca pemilu akan berdampak pada gangguan Kamtibmas yang cenderung anarkis. Untuk itu optimalisasi kinerja serta kesiapan operasional dilaksanakan secara terencana.
“Kepada seluruh peserta pelatihan Saya minta ikuti pelatihan ini dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab dan hal itu adalah dasar dari keberhasilan, selanjutnya Pelatihan ini Saya nyatakan dibuka,” ujar Jendral Polisi Bambang HD.
Setelah melaksanakan kegiatan tersebut, Kapolda Kalteng langsung melakukan inspeksi mendadak di berbagai ruangan pelatihan seperti di Aula Rapat Mapolda, Dit Lantas, gedung Kerucut serta SPN untuk memberikan semangat kerja kepada para personil.giben


Tidak ada komentar:

Posting Komentar