Rabu, 09 September 2009

Kabut asap tebal, Polisi tekankan Lampu kendaraan hidup



PALANGKA RAYA,PPost
Asap tebal di Kota Palangka Raya dan sekitarnya kayaknya enggan menjauh, di titik titik jalan kota dari pagi hingga menjelang siang masih terlihat asap menutupi jalan. para pengendarapun mulai memakai penutup mulut alias masker. Untuk membantu ketajaman serta keamanan di jalan raya, pihak kepolisian Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng turun kejalan untuk memberikan sinyald an isyarata mengenai penggunaan llight on atau menghidupkan lampu kendaraan pada siang hari. hal tersebut bukan hanya untuk mengantisipasi kecelakaan dan membantu jarak pandang mengetahui lawan serta termasuk kedalam pasal di UU no 22 tahun 2009 tentang ketentuan menyalakan lampu di siang hari. " Iya benar, selain untuk melakukan himbauan dan sosialisasi mengenai UU Lalu lintas yang baru no 22 tahun 2009, dimana tentang aturan lalu lintas kalau tidak menghidupkan lampu di siang hari akan dikenakan pasal dan itu sudah ada aturanya dialam UU lalu lintas yang baru. sementara itu mengenai suasa kabut asap yang tebal ini juga, polisi menyerukan untuk menghidupkan lampu kendaraan agar jarak pandang dapat terlihat dan mengantisipasi lakalantas yang terjadi di jalan jalan, karena banyak juga laporan kepolisi serta pengembangan bahwasanya terjadinya lakalantas sebahagian di karenakan karena jarak pandang sata mengendarai kendaraanya,"ujar Dir Lantas Kombes Pol. Drs. Burdin Hambali,Kamis (10/9).
Dir Lantas bersama dengan Kasubdit Gakkum AKBP I Putu Mahayana yang terjun di Lampu merah Jl, Yos Sodarso, smebari mengedip ngedipkan tangan, tanda menyalakan lampu, menyebutkan, kegiatan seprti ini hampir banyak direspon masyarakat positif, namun pada saatnya nanti kepolisia juga akan melakukan penindakan kepada pengendara yang melanggar karena tidak mengindahkan himbauan dan sosialisasi mengenai penggunaan lampu baik itu dilakukan penilangan atau pengamanan kendaraan oleh petugas polisi." Yang jelas kita akan terus menerus melakukan himabauan dan sosialisasi mengenai hal tersebut, kalau dirasa sudah cukup dengan wkatu yang sudah ditentukan lama, kita akan melakukan penindakan yang berarti,"imbuhnya.
usai melakasankan kegiatan bersama puluhan anggota lainya di depan Hotel Dandang Tingang tersebut, Dir Lantas langsung memantau jalan jalan Kota Palangka Raya yang sebentar lagi akan terasa padat saat memasuki menjelang Lebaran anti. " Malam takbiran serta usai kegiatan tersebut tetap kita akan melakukan pemantauan agar tidak macet, padat dan tumpukan kendaraan yang tidak bisa berjalan karena terjebak arus padat. namun yang jelas pengamanan sebelum dan sesudah lebaran untuk masa mudik lebaran juga perlu diwaspadai agar aman dan lancar,"tegas Burdin.giben

Tidak ada komentar:

Posting Komentar