Rabu, 11 November 2009

Bangga bertugas di Kalteng


Oleh Giben
Saat wawancara dengan Brigjen Pol Syamsuridzal usai pelantikan
Berakhir sudah masa jabatan Kapolda Kalteng yang sebelumnya diemban oleh Brigjen Pol Drs. Syamsuridzal kepada Brigjen Pol Drs. H.Damianus Jackie. Kegiatan pelantikan langsung dilaksanakan di Mabes Polri oleh Kapolri Jendral Pol Bambang Hendarso Danuri beserta para pejabat utama Mabes berbarengan dengan 7 Kapolda lainya. Usai melaksanakan pelantikan, Brijen Syamsuridzal langsung menelpon PPOST, sekitar pukul 09.25 WIB, Jumat (30/10) Bagaimana wawancaranya berikut tulisannya.
Telpon berdering sekitar pukul 09.20 WIB, dengan nama Brigjen Syamsuridzal, Kapolda Kalteng, setelah diangkat Jendral bintang satu tersebut langsung menyapa dengan salam dibarengi senyum kecil walau dibelakang telepon tampab biasa biasa suara gemuruh seperti usai upacara di dalam ruangan terbuka. “ Assalamu Alaikum, apa kabar, “ Sapa Pati yang sering mengisi khotbah di berbagai mesjid tersebut dengan suaranya yang khas. Setelah dijawab Jendral lantas menyapa baru saja dilakukan penyerahan jabatan sebagai Kapolda Kalteng kepada Brigjen H Damianus dengan keadaan hikmad, lancar dan aman. “ Alahamdulillah Saya baru saja melaksanakan serah terima jabatan, Saya serahkan kepada Brigjen Pol Drs. H. Damianus Jackie tepat pukul 08.15 WIB, pagi tadi, oleh Kapolri di Mabes,” Imbuhnya.
Didalam pembicaraan di telepon, tampak kebanggaan beliau selama memimpin Polda Kalteng berkisar 14 bulan lebih beberapa hari tersebut membanggakan masyarakat Kalteng selain baik baik, ramah serta juga situasi aman terkendali juga yang paling menjadi bahan kebangganya ialah selama melaksanakan Pilkada di Kalteng keadanaan terkendali, lancar dan pengamananpun sudah bagus. “ Alhamdulillah kebanggaan Saya sewaktu menjabat selama 14 bulan ini, bahwasanya Pilkada di Kalteng yang dilaksanakan kemarin itu berjalan aman, lancar dan kondusif, masyarakat Kalteng sangat membantu pengamanan bersama sama kepolisian termasuk juga diberbagai wilayah Kalteng tidak ada gejolak gejolak yang berarti sehingga semuanya berjalan dengan aman dan lancar,” tegasnya.
Dalam pemantauan PPOST selama bertugas di Kalteng ini, keseharaianya selain melaksanakan berbagai kegiatan di kantor Mapolda Kalteng, Syamsuridzal juga melakukan berbagai kegiatan keagamaan, banyak berkunjung ke masyarakat yang kebanyakan menengah kebawah guna mencari informasi langsung, silaaturrahmi dan melakukan pesan pesan Kamtibmas ke masyarakat. Tidak hanya itu hampir semua Mesjid di Kota Palangka Raya di datangi pria murah senyum ini untuk menjadi khotib Jumatan yang diminta oleh masyarakat. Misalanya saja di Mesjid raya Nurul Islam, mesjid Darusslam, Mesjid Luthfillah komplek padat penduduk puntun, Mesjid Aqidah, mesjid lingkungan Mapolda, serta mengisi ceramah di berbagai majelis keagamaan. Bukan hanya itu Jendarl yang gemar olahraga tenis meja tersebut pernah mengisi khotbah di luar kota seperti Mesjid Polres Pulang Pisau, mesjid Polres Bartim dan mesjid di kabupaten Katingan. Beliau merasa berterimkasih kepada warga kalteng selama menjabat di Kalteng tidak ada hal hal atau masalah yang besar terjadi. “ Saya atas nama pribadi dan keluarga memohon maaf kepada warga kalteng apabila selama menjabat adanya kekeliruan dan kehilafan serta rasa terimkasih yang mendalam kepada warga masyarakat Kalteng yang membantu aparat kepolisian dalam memelihara Kamtibmas di Kalteng. “ tuturnya.
Diakhir pembicaraan taruna AKPOL 1976 ini menyerukan agar situasi yang aman dan kondusif di Kalteng lebih ditingkatkan lagi sehingga tercipta dan terjali kemitraan kepolisian dan masyarakat yang harmonis. “ tingkatkan kembali kemitraan polisi dan masyarakat di kalteng, marilah kita bersama sama menjaga keamanan, ketertiban di lingkungan kita masing masing yang dibantu aparat kepolisian Polda Kalteng,”tutuupnya.
Direncanakan setelah melakukan pelatikan dan sertijab, dua jendral tersebut akan terbang menuju Palangka raya dengan menggunakan pesawat Garuda, makan siang di kampung lauk untuk memperkenalkan masakan khas kalteng, Kapolda baru bersama jajaran melakukan olahraga serta pada Senin (2/11) dilaksanakan parawel baret yakni penyerahan tonggak pimpinan di Mapolda kalteng yang disaksikan anggota yang sebelumnya dilaksanakan potong pantan di depan halaman mapolda sesuai adat dayak kalimantan tengah dalam penyambutan tamu pertama kali ke dilayah Kalteng.*****


Tidak ada komentar:

Posting Komentar